Program Studi

Rekayasa Perangkat Lunak

Pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak atau software engineering, siswa belajar banyak hal dalam proses pembuatan perangkat lunak (software). Untuk mendukung tujuan tersebut siswa akan mempelajari algoritma computer, prinsip basis data dan bahasa pemograman komputer .NET dan Pemograman berbasis Web. Siswa juga diperkaya dengan ilmu di bidang hardware komputer, prinsip jaringan komputer dasar, desain grafis dan dipacu untuk memperluas wawasan tentang dunia komputer.

VISI

Menjadikan siswa siswi program keahlian rekayasa perangkat lunak menjadi praktisi IT yang dapat bersaing di dunia kerja

MISI

Mengembangkan kemampuan siswa dan siswi dan tenaga guru sesuai tuntutan perubahan teknologi informasi dalam bentuk sistem pola pikir, pengajaran, motivasi kultur

Mata Pelajaran

CODING
  1. Pemograman Bahasa C
  2. Pemograman Bahasa C++
  3. Pemograman Bahasa C#
  4. Pemograman Bahasa VB
  5. Pemograman Bahasa Pascal
  6. Pemograman Bahasa Java
  7. Pemograman Bahasa Python
  8. Pemograman Bahasa Delphi
  9. Pemograman PHP & Mysql
  10. Pemograman JavaScript
  11. Pemograman HTML & CSS
  12. Dan Lain Sebagainya
DESAIN
  1. Adobe Illustrator
  2. Adobe Photoshop
  3. Corel Draw
  4. Web Design
  5. Blender
  6. Dan Lain Sebagainya
ALGORITMA
  1. Algoritma Dasar
  2. Algoritma Tingkat Lanjut
  3. Microsoft Access
  4. Gerbang Logika
  5. Basis Data
  6. DFD (Data Flow Diagram)
  7. Dan Lain Sebagainya
LAINNYA
  1. Perakitan Komputer
  2. Jaringan Dasar
  3. Dan Lain Sebagainya

Peluang Kerja

SOFTWARE ENGINEER

Berperan mengembangkan perangkat lunak untuk memenuhi keperluan klien. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, bisnis, hiburan, games, telekomunikasi , dan lain-lain, termasuk perangkat lunak model simulasi.

PROGRAMMER

Membuat program sebagai perangkat lunak dari komputer untuk memudahkan fungsi-fungsi tertentu, menjadi tugas inti dari seorang programmer. Programmer yang dapat bekerja dalam segala bidang kerja ini, baik industri, pertelevisian, perbankan, media, instansi pemerintah, bisnis dan ekonomi, dan lain sebagainya.

IT CONSULTANT

Berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.

DATABASE ENGINEER/ DATABASE ADMINISTRATOR

Berperan dalam perencanaan dan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) untuk suatu istansi atau perusahaan.

WEB ENGINEER/ WEB ADMINISTRATOR

Bertugas merancang dan membangun website beserta layanan dan fasilitas berjalan diatasnya. Ia juga bertanggung jawab melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.

COMPUTER NETWORK/ DATA COMMUNICATION ENGINEER

Bertugas untuk merancang arsitektur jaringan komputer, serta melakukan perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu instansi maupun perusahaan.

INTELLIGENT SYSTEM DEVELOPER

Berperan sebagai pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner, dll.

SOFTWARE TESTER

Berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari sebuah perangkat lunak.

GAME DEVELOPER

Pengembang perangkat lunak multimedia game.

SYSTEM ANALYST DAN SYSTEM INTEGRATOR

Berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem atau program yang berbasis teknologi dan informasi dalam suatu perusahaan atau organisasi dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak.

LAINNYA

Semua tergantung pada niat dan usaha keras kalian.