Multistudi High School

Program Studi


Rekayasa Perangkat Lunak


Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak atau software engineering, siswa belajar banyak hal dalam proses pembuatan perangkat lunak (software). Untuk mendukung tujuan tersebut siswa akan mempelajari algoritma computer, prinsip basis data dan bahasa pemograman komputer .NET dan Pemograman berbasis Web. Siswa juga diperkaya dengan ilmu di bidang hardware komputer, prinsip jaringan komputer dasar, desain grafis dan dipacu untuk memperluas wawasan tentang dunia komputer.

Visi & Misi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

“ Menjadikan siswa siswi program keahlian rekayasa perangkat lunak
Menjadi praktisi it yang dapat bersaing di dunia kerja “

“Mengembangkan kemampuan siswa dan siswi dan tenaga guru sesuai tuntutan perubahan teknologi informasi dalam bentuk sistem pola pikir, pengajaran, Motivasi Kultur”

Memilih Pekerjaan RPL

  • Software Engineer

    Berperan mengembangkan perangkat lunak untuk memenuhi keperluan klien. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, bisnis, hiburan, games, telekomunikasi , dan lain-lain, termasuk perangkat lunak model simulasi.

  • Programmer

    Membuat program sebagai perangkat lunak dari komputer untuk memudahkan fungsi – fungsi tertentu, menjadi tugas inti dari seorang programmer. Programmer yang dapat bekerja dalam segala bidang kerja ini, baik industri, pertelevisian, perbankan, media, instansi pemerintah, bisnis dan ekonomi, dan lain sebagainya.

  • IT Consultant

    Berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.

  • Database Engineer / Database Administrator

    Berperan dalam perencanaan dan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) untuk suatu istansi atau perusahaan.

  • Web Engineer / Web Administrator

    Bertugas merancang dan membangun website beserta layanan dan fasilitas berjalan diatasnya. Ia juga bertanggung jawab melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.

  • Computer Network / Data Communication Engineer

    Bertugas untuk merancang arsitektur jaringan komputer, serta melakukan perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu instansi maupun perusahaan.

  • Intelligent System Developer

    Berperan sebagai pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner, dll.

  • Software Tester

    Berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari sebuah perangkat lunak.

  • Game Developer

    Pengembang perangkat lunak multimedia game.

  • System Analyst dan System Integrator

    Berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem atau program yang berbasis teknologi dan informasi dalam suatu perusahaan atau organisasi dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak.

  • Dan lain-lain.

    Semua tergantung pada niat dan usaha keras kalian.