MULTIMEDIA
Jurusan ini umumnya sangat luas dan berkaitan dengan banyakhal dan materi yang dipelajari pun sangat beragam, mulai dari dasar-dasar komputer, desain grafis, fotografi, produksi film/video, media interaktif, hingga animasi komputer. Selain teori, tentunya bidang ini akan memberikan praktik seperti membuat desain grafis untuk komersial, fotografi, membuat animasi, membuat dan mengedit film/video, dan membuat konten lainnya untuk berbagai jenis media.
MULTIMEDIA
MAJOR
PELUANG KERJA
Web Designer
Merancang layout secara visual dengan menyalurkan ide-ide kreatif di setiap elemen yang ada di website, memberi warna, memilih jenis huruf, menempatkan gambar dan lainya.
Graphic Designer
Bertanggung jawab atas tampilan pada media promosi suatu produk secara menarik dengan mengakomodasi keinginan klien.
Animator/Illustrator
Membuat animasi dan karakter ekspresif yang menggambarkan berbagai emosi dengan menciptakan gerak atau kesan bergerak.
Interactive Media Designer
membuat desain interaktif yang melibatkan teks, data, grafis, suara, animasi, dan efek visual lainnya. Pekerjaan ini dibutuhkan untuk membuat website, games, materi pembelajaran online, dan lainnya.
Game Modeler/Designer
Mempelajari pembuatan desain menggunakan software-software desain grafis berbasis vektor dan bitmap seperti, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe Indesign, CorelDraw, dsb.
Fotografer
Seorang fotografer bisa bekerja secara independen, bisa juga masuk ke industri media dan jurnalistik. Meskipun demikian, sebagian besar fotografer bekerja lepas atau mendirikan studio sendiri.
Videografer
Seorang videografer bisa bekerja secara independen, bisa juga masuk ke industri media dan jurnalistik. Meskipun demikian, sebagian besar videografer bekerja lepas atau mendirikan studio sendiri.
Video Editor
bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan mengolah beberapa materi video yang tersedia menjadi satu video untuk yang siap untuk disebarluaskan.
MATA PELAJARAN
Dasar Komputer
1. Simulasi Komunikasi Digital.
2. Sistem Komputer.
3. Komputer dan Jaringan Dasar.
4. Pemrograman Dasar.
Desain Grafis
Mempelajari pembuatan desain menggunakan software-software desain grafis berbasis vektor dan bitmap seperti, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe Indesign, CorelDraw, dsb.
Fotografi
Mempelajari dasar-dasar fotografi dan prinsip-prinsipnya menggunakan kamera DSLR dan editing menggunakan Adobe Lightroom.
Videografi
Mempelajari pembuatan sebuah film pendek/video klip/video lainnya. Dimulai dari praproduksi (penyusunan ide, penyusunan naskah produksi, persiapan talent dan perlengkapan sebelum syuting), produksi (proses syuting sesuai dengan naskah), dan pasca produksi (Editing hasil video menggunakan software editing audio Adobe Audition dan editing video Adobe Premier)
Multimedia Interaktif
Mempelajari membangun aplikasi/website yang berbasis multimedia interaktif. Aplikasi yang digunakan adalah Adobe Dreamweaver untuk membangun website interaktifdengan Bahasa HTML, PHP, Mysql, CSS, dsb., dan Adobe Animate/Unity untuk membangun aplikasi interaktif berbasis Dekstop dan Mobile.
Animasi
Mempelajari carapembuatan animasi 2D dan 3D, dimulai dari praproduksi (penyusunan ide, penyusunan naskah produksi, desain karakter), produksi (produksi animasi 2D menggunakan software adobe animate, atau produksi animasi 3D menggunakan blender/Autodesk Maya), dan pasca produksi (editing dan finishing animasi menggunakan Adobe Premier).
Mampu menghasilkan para lulusan berahlak mulia yang kompeten dalam bidang multimedia dan mampu memproduksi karya digital yang kreatif dan inovatif agar dapat bersaing di dunia usaha / dunia industri tingkat nasional maupun internasional dalam mengahadapi era globalisasi.
MISI
1. Mengembangkan kemampuan siswa-siswi dan tenaga guru agar berkarakter kreatif, mandiri dan profesional dalam bidang multimedia.
2. Meningkatkan kualitas kurikulum serta penerapannya, khususnya untuk mata pelajaran produktif.
3. Meningkatkan ketersedian sarana dan prasarana, khususnya untuk kegiatan belajar mengajar.
4. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia bidang edukatif maupun administratif.
5. Meningkatkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.
6. Meningkatkan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri.
