REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SOFTWARE
ENGINEERING MAJOR
PELUANG KERJA
Software Engineer
Berperan mengembangkan perangkat lunak untuk memenuhi keperluan klien. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, bisnis, hiburan, games, telekomunikasi , dan lain-lain, termasuk perangkat lunak model simulasi.
Programmer
Membuat program sebagai perangkat lunak dari komputer untuk memudahkan fungsi-fungsi tertentu, menjadi tugas inti dari seorang programmer. Programmer yang dapat bekerja dalam segala bidang kerja ini, baik industri, pertelevisian, perbankan, media, instansi pemerintah, bisnis dan ekonomi, dan lain sebagainya.
IT Consultant
Berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.
Database Engineer/Database Administrator
Berperan dalam perencanaan dan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) untuk suatu istansi atau perusahaan.
Web Engineer/Web Administrator
Bertugas merancang dan membangun website beserta layanan dan fasilitas berjalan diatasnya. Ia juga bertanggung jawab melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.
Computer Network/Data Communication Engineer
Bertugas untuk merancang arsitektur jaringan komputer, serta melakukan perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu instansi maupun perusahaan.
Intelligent System Developer
Berperan sebagai pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner, dll.
Software Tester
Berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari sebuah perangkat lunak.
Game Developer
Pengembang perangkat lunak multimedia game.
System Analyst & System Integrator
Berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem atau program yang berbasis teknologi dan informasi dalam suatu perusahaan atau organisasi dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak.
Lainnya
Semua tergantung pada niat dan usaha keras kamu.
MATA PELAJARAN
Coding
1. Pemograman Bahasa C.
2. Pemograman Bahasa C++.
3. Pemograman Bahasa C#.
4. Pemograman Bahasa VB.
5. Pemograman Bahasa Pascal.
6. Pemograman Bahasa Java.
Coding
1. Pemograman Bahasa Python.
2. Pemograman Bahasa Delphi.
3. Pemograman PHP & Mysql.
4. Pemograman JavaScript.
5. Pemograman HTML & CSS.
6. Dan Lain Sebagainya.
Desain Grafis
1. Adobe Illustrator.
2. Adobe Photoshop.
3. Corel Draw.
4. Web Design.
5. Blender.
6. Dan Lain Sebagainya.
Algoritma
1. Algoritma Dasar.
2. Algoritma Tingkat Lanjut.
3. Microsoft Access.
4. Gerbang Logika.
5. Basis Data.
6. DFD (Data Flow Diagram).
7. Dan Lain Sebagainya.
Lainnya
1. Perakitan Komputer.
2. Jaringan Dasar.
3. Dan Lain Sebagainya.
Menjadikan siswa siswi program keahlian rekayasa perangkat lunak menjadi praktisi IT yang dapat bersaing di dunia kerja.
MISI
Mengembangkan kemampuan siswa dan siswi dan tenaga guru sesuai tuntutan perubahan teknologi informasi dalam bentuk sistem pola pikir, pengajaran, motivasi kultur.
