Bingung memilih? Inilah perbedaan jurusan TKJ dan RPL

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Sekalipun dari namanya sudah terlihat jelas perbedaan TKJ dan RPL, ternyata masih banyak yang menganggap kedua jurusan ini sama karena tidak memahami perbedaannya. Ketidakpahaman ini tidak jarang membuat para calon siswa keliru dalam memilih jurusan. Lebih buruknya lagi mereka akan merasa kecewa dan kehilangan gairah dalam menuntut ilmu selama masa pendidikan. Niat hati ingin jurusan TKJ, namun salah memilih RPL karena dianggap sama saja ataupun sebaliknya. 

Kedua jurusan ini masih berada di bawah satu keluarga jurusan yang berkutat pada komputer dan teknologi. Namun meski sama-sama mempelajari komputer, TKJ dan RPL memiliki perbedaan yang sangat spesifik. Jika sama, maka tidak akan dipecah menjadi dua jurusan. Sebelum mengulas lebih detail apa saja perbedaan TKJ dan RPL , mari kita bahas sedikit mengenai pengertian kedua jurusan itu sebagai gambaran awal untuk memahami lebih jauh apa saja perbedaannya. 

Rekayasa perangkat lunak berfokus kepada software atau perangkat lunak komputer. Dalam jurusan RPL ini, siswa akan diajak belajar cara membuat perangkat lunak dari awal hingga siap digunakan. Tidak berhenti di sana, namun juga diajarkan bagaimana perawatan dan perbaikan perangkat lunak tersebut. 

Sementara Teknik komputer dan jaringan adalah jurusan yang mengajak siswanya untuk menguasai perangkat keras komputer. Mulai dari membuat jaringannya, menghubung-hubungkan perangkatnya hingga memperbaiki. 

Nah, dari sini, sudahkah tergambar bagaimana perbedaan TKJ dan RPL yang sebenarnya cukup mencolok? Untuk semakin menajamkan pemahaman, berikut ini adalah penjelasan lebih detilnya! 

Beda yang dipelajari 

TKJ mempelajari hardwarenya, sementara RPL berfokus untuk mengembangkan softwarenya. Berangkat dari dasar tersebut, kita dapat membedakan dengan lebih detail apa saja yang akan dipelajari oleh dua jurusan tersebut. TKJ akan mempelajari seputar piranti kerasnya, membuat jaringan internet dan menciptakan keterhubungan, menyelesaikan masalah-masalah seputar perangkat kerasnya. 

Sedangkan RPL lebih banyak berkecimpung dalam pengembangan softwarenya. Contohnya mempelajari bahasa coding, desain dan algoritma komputer untuk membuat website, aplikasi, game dan sebagainya. 

Beda keahlian yang dibentuk 

Perbedaan TKJ dan RPL yang berikutnya berada pada keahlian yang dibentuk. Teknik komputer dan jaringan fokus untuk membentuk keahlian siswa dalam membuat jaringan perangkat keras komputer. Mereka dapat membuat jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan lainnya dalam lingkup tertutup maupun terbuka. Misal jaringan LAN kantor yang terbuka untuk user di dalam dan tertutup untuk orang luar mengakses sehingga rahasia perusahaan tetap terjaga. TKJ juga mampu menemukan masalah dalam perangkat keras hingga menyelesaikan masalah tersebut. 

Berbeda dengan RPL. Rekayasa perangkat lunak membentuk seorang ahli pemrograman baik itu web, aplikasi, game dan sebagainya. Keahlian yang dilatihkan adalah membuat program, menemukan masalah di dalamnya dan menyelesaikannya. 

Beda fokus peluang karir

Karena keahlian yang dibentuk berbeda, maka logis ketika peluang karir juga menjadi salah satu perbedaan TKJ dan RPL. Lulusan TKJ memiliki peluang karir sebagai ahli jaringan komputer, teknisi komputer dan juga IT konsultan di perusahaan-perusahaan. Sementara para lulusan rekayasa perangkat lunak, memiliki peluang karir dalam bidang-bidang pekerjaan pemrograman yang berfokus pada software development. Misalnya sebagai web developer, desaigner, game developer dan sebagainya. 

Saat ini kebutuhan profesi programer sedang tinggi permintaannya, karena semua orang sedang bergerak menuju digital. Segalanya berusaha didigitalisasi dan muaranya adalah kontrol melalui website atau aplikasi. Seorang lulusan RPL memiliki peluang besar untuk mengisi kekosongan pos-pos strategis tersebut. Setelah menguraikan tiga perbedaan mendasar antara TKJ dan RPL, apakah kini Anda sudah mengetahui titik perbedaan mendasar di antara dua jurusan tersebut? Jika sudah, maka harapannya Anda dapat memilih jurusan SMK sesuai minat dan kebutuhan. 

About Me

SMK MULTI HIGH SCHOOL sebuah institusi pendidikan vokasi yang didirikan pada tahun 2007 dengan fokus inovasi, prestasi dan akhlak mulia.

Program Studi

Recent Posts