Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mendaftar SMK

Diterima atau tidak, hingga detik ini masih banyak para orang tua dan juga lulusan SMP yang bingung memilih sekolah lanjutan berikutnya. Apakah hendak melanjutkan ke SMA atau mendaftar SMK? Apakah keduanya berbeda? 

Sebetulnya perbedaan paling mendasar berada pada kurikulumnya. Ingin masuk SMA atau SMK bergantung pada tujuan masing-masing siswa. Ilmu apa yang ingin dikuasai selama tiga tahun masa studi di sekolah menengah lanjutan? Apakah ingin lebih mahir dalam teoritis dan pola berpikir ataukah ingin menjadi terampil dalam praktek? 

Bila ingin memiliki pola pikir yang terstruktur dan mumpumi, lalu berencana melanjutkan ke bangku perkuliahan, maka SMA menjadi pilihan yang tepat. Begitu pun sebaliknya, bila yang dicari adalah keterampilan dalam praktek dan keahlian yang ingin dikuasai sudah spesifik pada satu bidang tertentu, maka jawabannya adalah mendaftar SMK. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan pilihan tentu didasari oleh kebutuhan setiap calon siswanya. 

Nah, untuk Anda yang sudah mantap memilih melanjutkan ke jenjang SMK, ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan agar siap saat mendaftar SMK. Mari kita telaah bersama, berikut ini!

Mindset Soal SMK 

Apa yang perlu kita siapkan soal mindset? Pentingkah? Jelas jawabannya penting. Mindset akan mempengaruhi seluruh tindakan dan perilaku kita dalam memandang dan merespon sesuatu. Mindset ini perlu ditata dulu sebelum kita masuk SMK. Bagaimana cara pandang kita dalam menilai siswa SMK, pembelajarannya, budayanya dan sebagainya. 

Lebih sederhananya, kita perlu menata pikiran dan hati agar memiliki pandangan yang tepat, memiliki niat yang tepat sehingga terbentuk tekad yang kuat untuk menyelesaikan studi dengan baik. Seperti contohnya, stigma bahwa SMK tidak lebih pintar dari anak SMA. Kita perlu meluruskan pandangan kita, bahwa sebenarnya SMA dan SMK tidak dapat diperbandingkan sebab memiliki fokus studi yang sama sekali berbeda. SMA dan SMK itu sama dan sederajat. 

Rencana jangka panjang setelah lulus

Siapkan rencana apa yang akan dikejar setelah lulus dari dari SMK, akankah melanjutkan kuliah atau langsung terjun ke dunia kerja? Kesiapan rencana ini akan mempengaruhi persiapan dan proses belajar kita selama masa studi. Itulah sebabnya hal ini juga perlu dipersiapkan sebelum mendaftar SMK. Jika ingin melanjutkan kuliah, tentu akan banyak persiapan pelajaran yang harus ditambah porsinya agar memenuhi kriteria perguruan tinggi. Bila ingin bekerja, artinya perbanyak praktek dan relasi untuk memudahkan di dunia kerja nantinya. 

Wawasan seputar jurusan yang dipilih 

Memiliki wawasan seputar jurusan sebelum memilih dan menjalaninya sama seperti perbekalan sebelum mendaki gunung. Dengan mengetahui wawasan tersebut, kita telah mengerti gambaran medan yang akan kita lalui dan dapat mempersiapkan diri dengan baik nantinya. 

Mental

Dunia SMK jelas akan berbeda dari dunia SMP. Mulai dari sistem pendidikannya, budaya sekolahnya, teman-temannya, segalanya akan berubah. Kita tidak bisa menyamaratakan semuanya dengan kondisi saat di SMP. Pola komunikasi dan pertemanan pun akan berbeda. Tantangan pelajaran, tanggung jawab dan kesibukan selama sekolah akan bertambah. Kita harus menyiapkan mental sebelum mendaftar SMK untuk siap menjalani semuanya. Tanpa menyiapkan mental, kita berpotensi bingung bahkan panik saat menghadapi semua perubahan itu. 

Soft skill 

Tips persiapan sebelum mendaftar SMK yang kelima ini beririsan dengan kesiapan mental. Soft skill yang dimaksud adalah bagaimana kita belajar untuk bersosialisasi dan menjalin pertemanan baru, memilah-milah teman, berani berpendapat dan sebagainya. Di bangku sekolah menengah lanjutan, kita akan bertemu dengan banyak kegiatan, seperti ekskul dan organisasi-organiasi kesiswaan. Semua kegiatan tersebut dapat menjadi akselerator kita menyiapkan soft skill agar dapat bertahan dan berkembang lebih pesat selama masa pendidikan.

About Me

SMK MULTI HIGH SCHOOL sebuah institusi pendidikan vokasi yang didirikan pada tahun 2007 dengan fokus inovasi, prestasi dan akhlak mulia.

Program Studi

Recent Posts