Tips memilih jurusan SMK BATAM yang paling tepat untuk kamu

Beberapa orang memandang bahwa jurusan SMK tidak perlu dipermasalahkan, semuanya sama saja, karena tujuan akhirnya yang penting bekerja. Jika tidak bekerja, lulus SMK masih dapat melanjutkan perkuliahan dan jurusan di bangku perguruan tinggi pun dapat dipilih ulang. Benarkah demikian? Apakah memilih jurusan SMK dapat dilakukan dengan sembarangan asal pilih? Jawabannya, justru orang-orang tersebut yang perlu mendapatkan tips memilih jurusan yang tepat. 

Memilih jurusan SMK tidak boleh asal pilih tanpa dipikirkan matang-matang. Kitalah yang akan menjalaninya selama tiga tahun ke depan. Bangku SMK merupakan gerbang awal kita menuju kehidupan dewasa di masa depan, dimana semua tantangan kehidupan itu akan segera menyambut. Salah pilih jurusan SMK, kemudian merasakan sesal dan ketidaknyamanan belajar selama tiga tahun, tentu akan menyia-nyiakan waktu dan kesempatan kita. Setelah lulus pun, skill yang dikuasai tidak akan teroptimalkan karena merasa tidak cocok dan tidak sungguh-sungguh. 

Agar kehidupan SMK kita tidak salah melangkah, berikut ini beberapa tips memilih jurusan yang tepat! 

Kenali diri Kamu 

Pertama kali harus dilakukan adalah mengenali diri sendiri. Apa yang harus dikenali? Kita perlu menghayati dan bertanya kepada diri apa yang sebenarnya diinginkan di masa depan nanti, apa yang menjadi kegemaran selama ini, sesuatu yang begitu menyenangkan dan tidak membosankan sekaligus mengandung banyak tantangan? Bidang dan pekerjaan apa yang tidak kita sukai. Semuanya harus jelas sehingga kita dapat membuka peluang jurusan apa yang paling sesuai dengan kedirian kita.

Pahami kemana dunia sedang bergerak 

Setelah mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai, kini saatnya kita mengenali kejadian di luar diri kita. Kemana dunia sedang bergerak maksudnya, mempelajari bidang apa yang saat ini paling banyak dibutuhkan dan berperan besar dalam kemajuan itu. Misalnya saat ini dunia sedang berkonsentrasi pada kemajuan teknologi, kebutuhan tenaga ahli teknologi sedang tinggi. Maka tips memilih jurusan yang berhubungan dengan teknologi. Kamu dapat memprioritaskan jurusan-jurusan SMK yang mempelajari seputar dunia teknologi, dibandingkan jurusan lainnya. 

Perbanyak informasi mengenai kebutuhan profesi 

Kita perlu banyak data mengenai bidang profesi tersebut. Data-data yang kita butuhkan seputar skill yang berusaha dibentuk, moral yang diajarkan, mental yang dilatih dan sebagainya. Dengan memiliki bank data mengenai calon jurusan SMK yang akan dipilih ini, kita jadi semakin mudah dalam mempertimbangkan jurusan yang akan dipilih sebab semua variabelnya dapat dibuka satu semi satu. 

Selain memperbanyak data mengenai jurusannya, tips memilih jurusan yang juga penting adalah mencari tahu apakah profesi yang keahliannya dibentuk dari jurusan tersebut. Saat ini sedang banyak dibutuhkan ataukah tidak? Idealnya kita akan memilih jurusan dengan tingkat kebutuhan di masyarakat yang tinggi. 

Pertimbangkan dampak dan konsekuensinya 

Setiap jurusan SMK memiliki positif dan negatifnya masing-masing. Kedua sisi tersebut perlu kita petakan baik-baik untuk mengukur konsekuensi apa saja yang harus kita hadapi. Apakah kita masih mampu mengatasi konsekuensinya atukah tidak. Hal ini penting sekali untuk dipertimbangkan, agar keputusan yang kita ambil tidak meninggalkan penyesalan. Semua kesulitan yang nantinya kita hadapi pada jurusan yang dipilih, akan membuat kita semakin bersemangat untuk menaklukannya. 

Siapkan rencana cadangan

Tips memilih jurusan SMK yang terakhir adalah siapkan rencana B. Siapkan alternatif kedua untuk jurusan yang dipilih jika saja jurusan pilihan yang pertama tidak tercapai. Dengan menyiapkan rencana cadangan, kita tidak akan panik jika kita kehilangan rencana utama. 

About Me

SMK MULTI HIGH SCHOOL sebuah institusi pendidikan vokasi yang didirikan pada tahun 2007 dengan fokus inovasi, prestasi dan akhlak mulia.

Program Studi

Recent Posts