Ini yang Perlu Disiapkan Murid jurusan Multimedia

Jurusan multimedia merupakan salah satu jurusan bidang komputer di Sekolah Menengah Kejuruan yang mempelajari tentang penggunaan komputer untuk menyajikan data berupa teks, suara, gambar, animasi, serta video yang menarik. Untuk membuatnya biasanya siswa menggunakan software seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, Freehand, serta Adobe After Effect.

Selain itu pada kompetensi keahlian multimedia siswa juga akan mempelajari dasar keilmuan multimedia dan pengembangannya yang meliputi desain grafis, produksi dan editing film pendek atau iklan, fotografi, animasi sederhana serta desain website dan blog.

Jurusan multimedia juga sangat bermanfaat pada dunia pendidikan sebagai media pembelajaran dan juga pada dunia bisnis yang digunakan sebagai profil perusahaan, profil produk, maupun juga bisa dimanfaatkan sebagai media informasi serta pelatihan yang menggunakan sistem e-learning.


Pada dasarnya jenis multimedia dibagi menjadi dua antara lain Multimedia Linier dan Multimedia Interaktif. Multimedia Linier adalah multimedia yang tidak memerlukan alat pengontrol oleh pengguna untuk mengoperasikannya contohnya film dan televisi. 

Sedangkan multimedia yang memerlukan alat pengontrol agar dapat dioperasikan oleh pengguna adalah Multimedia Interaktif,  sehingga terjadi interaksi dengan pengguna contohnya pada game serta pembelajaran secara multimedia.

Berdasarkan penggunaannya multimedia terbagi menjadi 2 jenis yaitu Multimedia Communication memiliki fungsi mempublikasikan informasi yang menggunakan media TV, radio, film, game, musik, entertaiment, tutorial, internet, dan media cetak.  

Sedangkan  Multimedia Content Production perpaduan dari beberapa media berupa teks, audio, video dan animasi, efek khusus, media interaktif dan  gambar grafik untuk menghasilkan produk multimedia berupa musik, game, film, entertainment.Untuk dapat mengaplikasikan semua media di atas siswa jurusan multimedia dibekali oleh mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan sebagai berikut ini:
1. Dasar Bidang Keahlian

• Simulasi dan Komunikasi Digital 

• Fisika 

• Kimia 

2. Dasar Program Keahlian

• Sistem Komputer 

• Komputer dan Jaringan Dasar 

• Pemrograman Dasar 

• Dasar Desain Grafis 

3. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)

• Desain Grafis Percetakan 

• Desain Media Interaktif 

• Animasi 2D dan 3D 

• Teknik Pengolahan Audio dan Video 

• Produk Kreatif dan Kewirausahaan