5 Pilihan Karir Untuk Lulusan SMK Multimedia

Fenomena Ghozali Everyday yang menjual foto selfie dirinya sebagai aset NFT (Non-Fungible Token) dan meraup triliunan rupiah menjadi viral di sosial media. NFT merupakan token kriptografi yang mewakili sebuah barang yang dianggap unik seperti memiliki karya seni atau barang antik. Di OpenSea atau pasar daring NFT, kamu dapat menjual karya mu seperti desain grafis, lukisan, animasi, video atau musik.

Jika kamu tertarik menekuni bidang desain, kamu dapat masuk ke SMK jurusan Multimedia untuk belajar tentang cara membuat desain grafis, gambar, animasi, serta video agar menjadi menarik dengan menggunakan alat seperti CorelDraw, Adobe Photoshop, Adobe After Effect, Freehand, dan lain-lain.

Karir di jurusan Multimedia ternyata sangat beragam dan menggiurkan. Berikut 5 pilihan karir bagi para lulusan SMK jurusan Multimedia.

1.    Content Creator

Content Creator adalah sebutan bagi orang yang membuat karya berupa video, suara, gambar, tulisan atau gabungan dari beberapa hal tersebut. Konten tersebut nantinya akan diunggah ke sosial media seperti tiktok, instagram dan youtube. Jika kamu seorang lulusan SMK jurusan Multimedia dan suka membuat konten baik dalam bentuk video, desain teks atau gambar kamu dapat mencoba profesi ini. Kamu bisa menghasilkan banyak uang dari konten yang kamu buat bila banyak yang menonton kontenmu.

2.    Videographer dan Video Editor

Lulusan SMK jurusan Multimedia juga bisa bekerja dibelakang layar dengan membuka usaha atau bekerja sebagai Videographer dan Video Editor. Para influencer, artis atau bahkan masyarakat umum tentu membutuhkan seorang Videographer atau Video Editor. Kamu dapat bekerja di perusahaan digital agency atau bekerja sebagai freelancer bagi banyak brand yang memiliki produk usaha.

3.    Desainer Media Interaktif

Lulusan SMK jurusan Multimedia juga bisa menjadi seorang desainer media interaktif. Desainer media interaktif ini memiliki tanggung jawab untuk membuat desain interaktif yang melibatkan teks, grafik, data, animasi, suara, dan efek visual lainnya.

Sebagai lulusan SMK jurusan Multimedia, bidang ini bukanlah hal yang sulit dimasuki. Dengan bekal ilmu yang kamu dapat selama belajar di SMK, kamu bisa membuat game, website, materi pembelajaran online, dan lainnya.

4.    Animator/Illustrator

Saat ini, komik digital seperti webtoon memiliki banyak sekali penggemar dibandingkan komik konvensional. Oleh karena itu pekerjaan sebagai Animator/Ilustrator juga banyak dicari. Kamu dapat membuka jasa animator untuk para komikus webtoon atau membuat webtoon karyamu sendiri.

Selain itu, sebagai lulusan SMK multimedia nantinya kamu juga dapat bekerja di perusahaan sebagai Animator/Ilustrator yang bertanggung jawab dalam membuat ilustrasi, menciptakan karakter game, membuat animasi film pendek, atau animasi dari produk sebuah perusahaan.

  • Graphic Designer

Jika kamu lulusan SMK dan menyukai desain grafis, kamu dapat menjadi seorang Graphic Designer.Saat ini banyak perusahaan baru yang membutuhkan logo atau perusahaan lama yang ingin rebranding logo. Kamu dapat membuka jasa freelance sebagai Graphic Designer karen kamu menyediakan jasa pembuatan logo perusahaan.

Selain itu, lulusan SMK juga dapat bekerja di perusahaan, UMKM, atau sekolah untuk membuat desain promosi produk atau jasa yang akan diunggah ke sosial media instansi tersebut sehingga menarik minat pelanggan.

Kamu tertarik untuk masuk SMK jurusan Multimedia? Kamu dapat memilih SMK Multistudi High School sebagai pilihan utama. SMK Multistudi High School merupakan sekolah yang berfokus pada inovasi, prestasi dan akhlak mulia. Melalui inovasi, SMK Multistudi High School menerapkan pendidikan vokasi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Kunjungi multistudi.sch.id untuk mendapat informasi lebih lanjut.

About Me

SMK MULTI HIGH SCHOOL sebuah institusi pendidikan vokasi yang didirikan pada tahun 2007 dengan fokus inovasi, prestasi dan akhlak mulia.

Program Studi

Recent Posts