MULTISTUDI HIGH SCHOOL

HI-TECH | PERSONALITY | GLOBAL MIND

Perbedaan Jurusan Multimedia dengan Animasi

Multimedia merupakan penggunaan komputer untuk menampilkan dan mengintegrasikan audio, gambar, teks dan aplikasi dengan tautan sehingga dapat digunakan untuk berinteraksi, menavigasi, dan bekerja. Teknologi informasi kini telah banyak menggunakan media, selain itu media juga dapat digunakan untuk membuat game, aplikasi dan keperluan lainnya. 

Dalam jurusan multimedia penerapan kekuatan gerak mulai dilakukan dengan memasukkan ke dalam film melalui penggabungan gerak dengan kursi penonton. Dengan grafik 3 dimensi akan membuat film menjadi luar biasa. Sehingga hal ini dapat menambah pengalaman menonton film.


Ada beberapa elemen-elemen dasar dalam jurusan multimedia. Berbagai elemen tersebut antara lain Animasi, Grafik,  Grafik Bitmap,  Grafik Vektor,  Gambar, Suara, Teks, Video. Walaupun animasi merupakan salah satu elemen dasar dalam jurusan multimedia, tapi kini juga sudah ada jurusan animasi tersendiri.


Animasi merupakan proses yang memperlihatkan suatu gambar yang dapat bergerak. Sederhananya, sifat gerakan dapat disebabkan karenanya adanya variasi mata yang berbeda dari mata pendengarnya, sehingga posisi seperti gerak maupun perubahan warna tidak boleh ada yang berubah. 


Pada jurusan animasi juga memiliki prinsip dasar yang tidak terdapat pada jurusan multimedia, prinsip dasar animasi sebagai berikut ini: 

  1. Pose dan Gerakan Antara

Hal ini merupakan hal yang tidak mudah yang perlu dilakukan di antara setiap gerakan di tengah yang terjadi dari posisi satu ke posisi lainnya. Dalam diagram 2D, sketsa akan menarik masalah utama. Kemudian, peralihan bergerak maju dari satu tempat ke tempat lain.

  1. Pengaturan Waktu

Pengaturan waktu dapat dilakukan dengan menyesuaikan durasi gerakan, satu dapat berbeda dari huruf lainnya. Meskipun ekspresi wajahnya sama, tetapi waktu gerakannya berbeda, sehingga ekspresi dari gerakannya juga bisa menjadi berbeda.

  1. Gerakan Sekunder

Pembaruan yang terjadi sebagai akibat dari gerakan lain disebut gerak sekunder, yang memiliki hubungan di antara prosesnya dan tidak berbeda dari intinya. 

  1. Akselerasi

Akselerasi merupakan representasi dan suatu objek bergerak apa pun akan tetap berada diam di tempatnya kecuali jika dipercepat.

  1. Antisipasi

Ada 3 bagian antisipasi yaitu, bagian pertama dari harapan, bagian kedua gerakan independen dan bagian ke tiga disebut penutupan.Dari kedua jurusan tersebut dibedakan oleh prinsip dasar dan elemen dasar yang akan dipelajari dalam jurusan multimedia dan jurusan animasi.

About Me

SMK MULTI HIGH SCHOOL sebuah institusi pendidikan vokasi yang didirikan pada tahun 2007 dengan fokus inovasi, prestasi dan akhlak mulia.

Program Studi

Recent Posts