6 Pilihan Karir Untuk Lulusan SMK Jurusan Akuntansi

Dunia kerja yang semakin ketat membuatmu harus memiliki satu keahlian yang spesifik dan lebih alami dibandingkan orang lain. Karenanya, jika kamu seorang siswa SMP yang bingung dalam menentukan sekolah lanjutan, SMK dapat menjadi pilihan yang tepat. Di SMK kamu akan memilih satu jurusan sesuai minat dan akan lebih banyak mempraktikkan ilmu yang sudah dipelajari.  Di SMK juga kamu akan melakukan praktik kerja industri (Prakerin) agar dapat merasakan dunia kerja secara langsung sehingga lulusan SMK akan siap bekerja.

Salah satu Jurusan di SMK yang banyak diminati adalah Jurusan Akuntansi. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja di Amerika Serikat, pekerjaan akuntan tumbuh 4% antara 2019 dan 2029. News & World Report juga menyatakan bahwa akuntan berada di peringkat ke-13 dalam daftar pekerjaan bisnis terbaik untuk tahun 2021. Banyaknya bisnis baru yang bermunculan setelah pandemi covid-19 ini membuka peluang kerja bagi para lulusan SMK Jurusan Akuntansi.

Berikut ini 6 pilihan karir untuk lulusan SMK Jurusan Akuntansi.

1.    Staf Akuntan

Jumlah Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Indonesia terus mengalami peningkatan sepanjang tahun 2020. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan bahwa Nomor Induk Berusaha (NIB) mendaftar pada tahun 2020 mencapai 1 juta permohonan dan sebagian besar berasal dari UMKM. Dari data yang ada, sektor UMKM berkontribusi sebanyak 60% terhadap perekonomian Indonesia.

Meningkatnya UMKM meningkat pula lapangan pekerjaan. Mereka tentu saja akan membutuhkan staf akuntan untuk mencatat keuangan UMKM tersebut. Jika kamu seorang lulusan SMK Jurusan Akuntansi kamu dapat berkarir sebagai staf akuntan di industri UMKM atau di sebuah perusahaan. Rata-rata, gaji fresh graduate di Indonesia yang bekerja di Kantor Akuntan Publik bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 8 juta.

2.    Internal Auditor

Seorang lulusan SMK Jurusan Akuntansi juga bisa bekerja sebagai internal auditor sebuah perusahaan. Kamu akan bertanggung jawab untuk mengelola dan memastikan bahwa semua pelaporan keuangan perusahaan mengikuti prosedur dan tidak menyimpang dari alokasi keuangan. Kamu juga akan menguji dan mengevaluasi pelaksanaan pengendalian internal dan sistem manajemen risiko sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Sebagai lulusan SMK yang sudah terbiasa dengan berbagai hal tersebut, pekerjaan internal auditor adalah hal yang tidak mustahil. Rata-rata gaji internal auditor fresh graduate di Indonesia mencapai Rp 4.671.617 per bulan. Angka tersebut bisa meningkat mengikuti UMR kotamu.

3.    Perencana Keuangan

Sebagai seorang lulusan SMK Jurusan Akuntansi, kamu dapat memilih karir sebagai perencana keuangan di sebuah industri atau membuka jasa perencana keuangan.  Perencana keuangan bertugas untuk membantu mengelola dan merencanakan keuangan perusahaan atau seseorang agar tujuan keuangannya tercapai. Gaji fresh graduate untuk perencana keuangan bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 10 juta.

4.     Teller Bank

Siapa sih yang tidak mau bekerja sebagai teller bank? Ternyata, lulusan SMK Jurusan akuntansi berpeluang besar jadi teller bank loh. Lulusan SMK akuntansi tentu sudah terbiasa dengan pekerjaan-pekerjaan seorang teller bank seperti administrasi setoran, laporan transaksi, dan sebagainya.

5.    Kasir

Sebagai seorang lulusan SMK jurusan akuntansi, kamu memiliki kemampuan  menghitung dengan baik. Oleh karena itu, menjadi seorang kasir juga bisa menjadi alternatif pekerjaan lulusan SMK akuntansi. Seorang kasir memiliki tanggung jawab untuk melayani pelanggan yang melakukan pembayaran atau transaksi, memberi informasi yang dibutuhkan pelanggan, membungkus barang, memeriksa dan mencatat data transaksi serta membuat laporan penjualan.

6.     Credit Analyst

Jika kamu lulusan SMK jurusan akuntansi dan ingin berkarir di bank, kamu dapat menjadi seorang credit analyst. Credit Analyst bertanggung jawab untuk bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan menganalisis data keuangan pelanggan bank. Nantinya, jika kamu lulus dan bekerja sebagai credit analyst, kamu bisa mendapatkan gaji di kisaran Rp 3,5 juta hingga Rp 8 juta setiap bulannya.

Jika kamu tertarik untuk masuk SMK Jurusan Akuntansi, kamu dapat memilih SMK Multistudi High School sebagai pilihan utama. SMK Multistudi High School merupakan sekolah yang berfokus pada inovasi, prestasi dan akhlak mulia. Melalui inovasi, SMK Multistudi High School menerapkan pendidikan vokasi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Kunjungi multistudi.sch.id untuk mendapat informasi lebih lanjut.

About Me

SMK MULTI HIGH SCHOOL sebuah institusi pendidikan vokasi yang didirikan pada tahun 2007 dengan fokus inovasi, prestasi dan akhlak mulia.

Program Studi

Recent Posts