Rekayasa Perangkat Lunak merupakan jurusan yang mempelajari berbagai hal mengenai pengembangan perangkat lunak yang meliputi pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak, dan manajemen kualitas.
Selain itu jurusan ini juga berkaitan dengan software komputer dari tahap pembuatan website, aplikasi, game dan semua hal yang berhubungan dengan pemrograman sehingga harus menguasai bahasa pemrograman tertentu.
Agar dapat meningkatkan kompetensi siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, tentunya harus didukung dengan mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan. Berikut ini beberapa mata pelajaran kompetensi yang dapat meningkatkan keahlian siswa.
- Web Dinamis
Siswa akan diajarkan berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman untuk menguasai teknik membuat website.
- Pemrograman Berorientasi Objek
Mata pelajaran ini akan membahas mengenai penulisan coding atau berbagai paradigma yang berorientasi pada objek serta beberapa konsep seperti abstraksi, objek, enkapsulasi dan konsep lainnya.
- Pemrograman Desktop
Merupakan salah satu pemrograman menggunakan komputer tunggal yang dilakukan dengan memanipulasi elemen visual. Sehingga pengoperasiannya tidak perlu menggunakan komputer lainnya yang berada pada jaringan atau web.
- Database
Dari semua pembuatan aplikasi, database merupakan elemen dasar yang berfungsi dalam menyimpan seluruh data yang akan masuk dalam aplikasi tersebut.
- Pemrograman Dasar
Siswa akan mempelajari dasar-dasar pemrograman menggunakan program yang cukup sederhana.
- Permodelan Perangkat Lunak
Pembuatan desain aplikasi akan dibahas pada mata pelajaran ini, sebelum siswa membuat aplikasi tersebut.
- Coding
Merupakan berbagai macam bahasa
pemrograman yang akan digunakan siswa dalam membuat aplikasi. Berbagai jenis bahasa pemrograman antara lain bahasa pascal, java, delphi, web server, bahasa C, serta pemrograman PHP dan MySQL.
- Desain
Teknik desain visual akan dipelajari dalam mata pelajaran ini, yang menggunakan berbagai softwareuntuk mendesain seperti corel draw, web design serta photoshop. Video editing juga akan diajarkan sebagai materi dari mata pelajaran desain ini.
- Algoritma
Akan membahas berbagai macam materi algoritma seperti algoritma dasar, tingkat lanjut, Microsoft Access, gerbang logika, DFD serta masih banyak yang lainnya.
- Teknik Elektronika
Siswa akan belajar mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan teknik elektronika dan bagaimana cara penerapannya, yakni secara digital dan analog.Itulah tadi 10 mata pelajaran yang perlu dikuasai oleh siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak agar siap terjun di dunia kerja nantinya.