Pentingnya Mengikuti Kegiatan Ekskul Saat di SMK

Sekolah menengah lanjutan, baik itu SMA maupun SMK, tidak akan lengkap tanpa mengikuti kegiatan ekskul. Layaknya bumbu-bumbu makanan, tetap tidak akan sedap tanpa garam. Banyak yang mengira jika pembelajaran SMK yang lebih banyak prakteknya bahkan magang di suatu perusahaan, membuat siswa SMK tidak akan sempat mengikuti kegiatan ekskul, namun anggapan tersebut sepenuhnya salah. Sepadat apapun kegiatan pembelajaran di SMK, sekolah tetap akan mendukung dan memfasilitasi keberadaan ekskul untuk siswanya. Jam pelajaran dan praktek pun dapat diatur agar siswa tetap memiliki waktu untuk mengikuti ekskul selepas jam sekolah.

Hal tersebut karena kegiatan ekskul memiliki banyak manfaat untuk siswa SMK. Apa saja?

1.    Melatih kemampuan berorganisasi 

Tidak dipungkiri bahwa ada beberapa ilmu yang tidak hanya cukup dipelajari dengan teori semata, namun perlu untuk dipraktekan langsung, yaitu kemampuan berorganisasi. Kegiatan ekskul menyediakan lahan untuk belajar berorganisasi secara nyata melalui berbagai program kegiatannya. Siswa diajak untuk menjadi pengurus ataupun menjadi kepanitiaan dalam berbagai kegiatan. Siswa juga akan mengalami secara langsung bagaimana beradaptasi dan berperilaku di dalam sebuah organisasi kecil berbentuk ekskul tersebut. Semua pengalaman ini tidak akan didapatkan siswa tanpa mengikuti kegiatan ekskul.

2.    Mengasah keberanian berbicara di depan publik

Keberanian berbicara dan menyampaikan pendapat kepada orang lain adalah sebuah soft skill yang sangat penting. Untuk dapat melakukannya dengan baik, seseorang membutuhkan pengalaman untuk mengutarakan apa yang dia pikirkan kepada orang lain. Pengalaman tersebut dapat diperoleh melalui berbagai kesempatan dalam berinteraksi dengan banyak orang. Kegiatan ekskul akan menjadi lahan yang tepat untuk melatih keberanian berbicara dan mengutarakan pendapat.

3.    Menambah jaringan pertemanan

Ekskul adalah tempatnya banyak siswa lintas kelas dan jurusan untuk berkumpul. Ini adalah kesempatan emas untuk menambah teman, melakukan perkenalan dan menjalin hubungan interpersonal dengan semakin banyak siswa di luar kelas dan jurusannya. Kegiatan ekskul yang diikuti menjadi tempat dan momen paling ideal untuk meluaskan pertemanan dengan alamiah. Semakin banyak pertemanan, dapat melatih kemampuan seseorang dalam menjalin komunikasi dan hubungan interpersonal dengan orang lain. Keahlian tersebut sangat bermanfaat hingga ke masa depan.

4.    Melatih soft skill dan kemampuan sesuai jenis ekskul yang diikuti

Banyak jenis ekskul yang diselenggarakan oleh sekolah. Mulai ekskul seni, olahraga dan ekskul yang mendukung kebutuhan jurusan. Semua jenis ekskul tersebut dapat melatih hard skill dan soft skill siswa. Siswa yang ingin mendalami skill sesuai jurusan yang diambil, dapat mengikuti ekskul yang selaras dengan jurusannya. Sedangkan siswa yang hobi olahraga dapat mengikuti ekskul olahraga.

5.    Mengoptimalkan waktu luang untuk kegiatan yang bermanfaat

Masa-masa bangku sekolah menengah lanjutan adalah masa yang penuh energi. Remaja pada usia tersebut sedang sangat antusias untuk mengoptimalkan seluruh waktu yang dimiliki, mencoba sebanyak-banyaknya pengalaman dan hal baru yang bisa dilakukan. Waktu luang yang sedikit pun, akan berusaha diisi dengan berbagai kegiatan. Apakah itu bermain dengan teman, mengikuti LBB atau aktif dalam berbagai kegiatan ekskul di sekolah. Siswa yang aktif ikut kegiatan ekskul dapat mengisi waktu luangnya dengan baik. Tidak rugi secara waktu dan justru mendapatkan banyak pengalaman baru, bertemu teman-teman baru dan mencoba banyak hal menyenangkan. Daripada sekedar hangout atau menjadi kaum rebahan, kegiatan ekskul berkali-kali lipat lebih bermanfaat.

Itulah lima hal yang dapat menjadi pertimbangan penting kenapa kegiatan ekskul sangat penting diikuti ketika SMK.

About Me

SMK MULTI HIGH SCHOOL sebuah institusi pendidikan vokasi yang didirikan pada tahun 2007 dengan fokus inovasi, prestasi dan akhlak mulia.

Program Studi

Recent Posts