Ini Keuntungan Jika Kamu Memilih Melanjutkan di SMK

Tidak jarang siswa-siswi lulusan SMP masih diliputi keraguan dan kebimbangan pada detik-detik akhir untuk memilih akan melanjutkan kemana studinya? Apakah melanjutkan di SMK atau SMA seperti teman-teman dan kakak kelas terdahulu?

Di atas kertas, perbedaan SMA dan SMK sangat jelas. Namun yang membuat ragu dalam memilih tidak sekedar dengan membuat daftar perbedaan untuk dibandingkan. kamu membutuhkan penguatan untuk meyakinkan diri mana yang terbaik untuk dipilih dan dijalani selama tiga tahun mendatang. Memilih sekolah lanjutan ini tidak boleh dianggap remeh sebab menjadi salah satu jalan menuju impian di masa depan.

Sebagai bahan pertimbangan untuk meyakinkan pilihan, berikut ini adalah beberapa keuntungan melanjutkan di SMK.

1.    Memiliki kesempatan untuk langsung bekerja sekaligus kuliah

Berbeda dengan anggapan kebanyakan orang yang berpikir bahwa lulusan SMK lebih susah melanjutkan ke perguruan tinggi, lulusan SMA dianggap memiliki peluang yang lebih besar untuk meneruskan kuliah. Sebetulnya persepsi itu salah besar. Lulusan SMA dan SMK memiliki peluang yang sama untuk melanjutkan ke bangku perkuliahan. Bahkan, untuk lulusan SMK juga memiliki potensi dapat melanjutkan bekerja dan lebih siap, karena telah memiliki bekal kemampuan dasar pada jurusan yang dipilihnya. Dengan kata lain, lulusan SMK memiliki dua peluang yang sama-sama besarnya baik langsung bekerja atau berkuliah.

2.    Pendidikan yang lebih berfokus pada keahlian secara spesifik

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh pendidikan SMK adalah pembelajaran yang lebih spesifik sesuai dengan jurusan yang dipilih. Contohnya kamu memilih jurusan akuntansi, maka selama tiga tahun bersekolah, kamu akan diajarkan dan dilatih mengenai akuntansi dari dasar hingga tingkat lanjut. Kurikulumnya spesifik sehingga pembelajaran lebih terfokus. Sistem seperti ini lebih baik dalam membentuk sebuah kemampuan siswa. Ilmu-ilmu lainnya tetap diberikan namun dengan porsi yang lebih kecil dan kedudukannya sebagai penunjang. Melanjutkan di SMK membuat kamu belajar sesuatu dengan fokus dan menjadi ahli di sana.

3.    Mudah untuk melanjutkan kuliah pada jurusan yang sama

Lulus dari SMK dapat meneruskan ke kuliah, akan semakin baik jika jurusan yang dipilih selaras dengan jurusan saat di SMK, sehingga ilmu yang dipelajari dapat dilanjutkan. Saat di bangku SMK, kamu diajarkan dasar-dasar teori dan prakteknya, lalu di perguruan tinggi, semuanya akan diasah kembali sehingga dapat menjadi semakin ahli. kamu tidak asing lagi dengan pembahasan yang diangkat pada perkuliahan sebab telah mengawali mempelajarinya saat di SMK. Salah satu alasan kenapa banyak yang memilih melanjutkan di SMK adalah mereka dapat mempelajari suatu ilmu khusus semenjak awal, sebagai persiapan untuk pendidikan tinggi nantinya.

4.    Kesempatan kerja praktek pada perusahaan secara langsung

Satu lagi keuntungan yang dapat diperoleh dengan melanjutkan di SMK setelah lulus SMP adalah kamu mendapatkan kesempatan merasakan langsung suasana bekerja di perusahaan-perusahaan besar pada skill yang sesuai dengan jurusan. Contohnya pada SMK jurusan teknik alat berat. Siswa SMK mendapatkan wawasan teori dan praktek memperbaiki kerusakan alat berat di sekolah. Lalu pada tahun-tahun akhir, mereka akan diajak tidak hanya berkunjung pada dealer atau pabrik alat beratnya saja, namun ikut juga bekerja di sana.

Kesempatan magang ini dapat memberikan banyak pengalaman berharga untuk para siswa, mengetahui langsung kondisi pekerjaan sebagai teknisi alat berat, belajar langsung dari para ahli di perusahaan tersebut hingga mendapatkan pengalaman-pengalaman lain yang tidak akan didapat jika memilih SMA. Bahkan tidak sedikit yang akhirnya “dipesan” untuk bekerja di perusahaan tempat mereka magang setelah lulus nantinya.

Melanjutkan di SMK setelah menamatkan SMP adalah pilihan yang tidak boleh dilewatkan. Begitu banyak keuntungan dan manfaat yang dapat kamu peroleh dengan mengambil kesempatan menempa keahlian diri di SMK. Mungkin kamu diragukan oleh banyaknya persepsi di masyarakat, juga stigma negatif melanjutkan di SMK, namun akan lebih bijak jika kamu mencari kebenarannya dan tidak mudah percaya sebelum mencari sendiri jawabannya.

About Me

SMK MULTI HIGH SCHOOL sebuah institusi pendidikan vokasi yang didirikan pada tahun 2007 dengan fokus inovasi, prestasi dan akhlak mulia.

Program Studi

Recent Posts